Tag: Magelang

Punthuk Setumbu, Inilah Spot Sunrise Terbaik di Magelang

Punthuk Setumbu

Ingin menyaksikan momen matahari terbenam dengan kesan terbaik? Coba deh berkunjung ke daerah Magelang, Jawa Tengah. Khususnya di Punthuk Setumbu yang merupakan bukit berketinggian sekitar 400 meter di sebelah barat daya Candi Borobudur. Punthuk Setumbu berlokasi tepatnya di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang.

Dengan perjalanan sekitar 1 jam dari Yogyakarta, kamu tidak akan menyesal karena ke Punthuk Setumbu. Kenapa? Nih, berikut 8 alasan yang bakal memastikan kalau kamu wajib ke destinasi wisata ini.

Punthuk Setumbu Magelang

1. Tujuan Favorit untuk Melihat Sunrise di Magelang

Borobudur Sunrise
Photo by Bayu Anggoro on Unsplash

Punthuk Setumbu telah lama dikenal sebagai spot terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbit di Magelang. Jadi, pastikan kamu datang sepagi mungkin supaya momen tak terlupakan tersebut tidak terlewatkan, ya. Sebaiknya kamu datang sebelum jam 05.30 sehingga kemungkinan untuk melihat momen sunrise yang indah semakin besar. Waktu terbaik untuk datang ke Punthuk Setumbu adalah pada musim kemarau karena matahari akan terlihat begitu jelas tanpa terancam halangan awan mendung, ya.

Pelataran luas yang dikelilingi pagar pembatas di bukit ini menjadi tujuan favorit bagi pengunjung. Selain itu, kawasan ini juga memiliki rumah panggung, gazebo, dan kursi-kursi kayu yang bisa digunakan untuk bersantai menanti mentari terbit. Keindahan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu di kejauhan pun menambah keindahan sunrise di sini. Jadi, jelas kan kenapa kawasan ini wajib kamu datangi?

2. Menyaksikan Eksotisme Candi Borobudur

Eksotisme Candi Borobudur
Photo by Ikhsan Sugiarto on Unsplash

Salah satu pemandangan paling menakjubkan saat berkunjung ke Punthuk Setumbu adalah latar Candi Borobudur. Saat sunrise, sinar matahari yang masih malu-malu akan menyinari kawasan candi. Sehingga, candi Buddha terbesar di dunia ini pastinya jadi tampak lebih eksotis. Kabut yang menyelimuti di pagi hari akan memperlihatkan puncak candi seolah-olah menyembul dan membelah kabut tersebut. Ingin mendapatkan spot terbaik menyaksikan eksotisme candi, datang lebih duluan dari pengunjung lainnya, ya.

3. Udara yang Segar

Punthuk Setumbu
Photo by @yunita_ng via Instagram

Letaknya yang berada di ketinggian membuat udara di area Punthuk Setumbu terasa begitu segar. Kesejukan udara tentunya akan menambah kesan terbaik dalam menikmati momen sunrise di sini. Karenanya, berkunjung ke bukit ini akan membuat kamu merasa lebih fresh dan bakal betah buat berlama-lama. Soalnya, daerah ini jauh dari pusat keramaian kota sehingga bisa melarikan diri sejenak dari rutinitas pekerjaan harian. Tapi inga, ya, kalau kamu merasa tidak tahan dengan udara yang dingin, pastikan untuk membawa jaket ataupun baju hangat.

4. Spot Instagrammable

Spot instagramable di puthuk setumbu
Photo by @christianawahyunita via Instagram

Pecinta hobi fotografi ataupun selfie narsis, pastinya tidak boleh melewatkan momen matahari terbit dari Punthuk Setumbu. Spot instagenik akan membuat foto yang dijepret tampak lebih menarik. Sebaiknya sih, kamu memanfaatkan tripod supaya hasil foto bisa lebih apik. Kalau ingin mengenang momen sunrise, kamu juga boleh membuat video time lapse saat matahari perlahan-lahan naik, ya.

5. Jadi Latar Film AADC 2

Scene FIlm AADC 2 di Punthuk Setumbu
Photo by @pkurnia_ via Instagram

Kalau kamu menonton film Ada Apa Dengan Cinta 2, pastinya kamu tidak akan merasa asing lagi dengan destinasi Punthuk Setumbu, ya. Pemeran Film AADC 2, Rangga dan Cinta memang pernah beradegan menunggu matahari terbit di sini. Kawasan ini pun jadi makin terkenal setelah menjadi latar film layar lebar. Jadi, kamu jangan sampai ketinggalan juga dong!

6. Santai Sambil Ngopi

Selain menikmati pemandangan dari ketinggian, kamu juga bisa menyeruput kopi hangat yang ditawarkan deretan warung di Punthuk Setumbu. Secangkir kopi dan pemandangan menakjubkan tentunya menjadi perpaduan yang sulit untuk diabaikan kalau berkunjung ke sini. Sambil duduk-duduk di kursi kayu dengan pemandangan matahari terbit, wah suasana jadi makin syahdu, deh!

7. Trekking yang Seru

Trekking
Photo by @svlnna via Instagram

Spot trekking menuju Punthuk Setumbu memang tidak seperti mendaki Gunung Semeru, ya. Kamu cukup melewati jalur trekking sekitar 15 menit saja. Jalanan yang dilalui, meski menanjak, tapi jalurnya tidak begitu sulit. Asal tetap menggunakan alas kaki yang memadai dan berhati-hati selama melangkah. Apalagi kalau musim hujan, jalurnya akan cenderung lebih licin dan berbahaya. Eitss… tapi kalau sudah sampai di puncak, letih selama trekking akan terbayar tuntas dengan pemandangan menakjubkan pastinya.

8. Bisa Sekalian Jalan-jalan ke Gereja Ayam

Gereja Ayam
Photo by @nawa.s via Instagram

Puas menikmati keindahan di Punthuk Setumbu? Nah, lanjutkan deh perjalananmu ke Gereja Ayam. Lokasinya tidak begitu jauh, kok. Destinasi ini juga menjadi latar di film AADC 2. Meskipun bangunan ini sudah tampak tua dan sempat terbengkalai, Gereja Ayam kini tak kalah menarik sebagai tempat untuk menyaksikan pemandangan di sekitar Candi Borobudur, ya. Kamu pun tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, cukup dengan Rp5.000 saja. Murah banget, kan?

Tunggu apa lagi? Segera rancang perjalananmu ke Magelang dan berkunjung ke tiga destinasi wisata andalan sekaligus. Mulai dari Candi Borobudur, Punthuk Setumbu, dan Gereja Ayam. Untuk ke Punthuk Setumbu sendiri, wisatawan domestik cukup membayar tiket masuk Rp15.000 dan Rp30.000 untuk wisatawan mancanegara. Selain itu, kamu juga bisa meminta izin ke pengelola untuk menginap di kawasan ini, ya. Dengan begitu, kamu bisa lebih leluasa menunggu momen matahari terbit pas pagi hari, deh.

Untuk ke sini, kamu bisa memesan tiket pesawat murah ke Yogyakarta. Kemudian, kamu boleh merental mobil dengan jasa sewa mobil terjamin di Tripcetera.

Kalau ingin dapatkan tips dan trik seputar traveling, Blog Tripcetera memberikan fakta-fakta menarik untuk dibaca, ya!

Menikmati Wisata Alam Paling Indah di Magelang

Ketep Pass Magelang

Magelang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang menarik untuk dikunjungi bagi wisatawan. Tentu saja, Candi Borobudur menjadi daya tarik utama karena merupakan warisan budaya dunia. Peninggalan agama Buddha ini memang diakui sebagai candi terbesar di dunia. Makanya, tidak heran kalau wisatawan mancanegara sangat antusias untuk menyaksikan keagungan Borobudur.

Masih di kabupaten yang sama, terdapat pula objek wisata yang tak kalah memikatnya, yaitu Ketep Pass. Destinasi ini terletak di Bukit Sawangan dan menjadi wahana rekreasi sekaligus edukasi. Berada di ketinggian 1.200 mdpl, Ketep Pass akan menyuguhkan pengalaman khas saat liburan di daerah puncak.

Menyaksikan Kemegahan Lima Gunung Sekaligus

ketep pass magelang
Ketep pass magelang, credit image dolanyok

Hal paling menonjol dari Ketep Pass karena diapit oleh lima gunung sekaligus. Karena itulah, pengunjung bisa menyaksikan kelima gunung tersebut. Di antaranya adalah Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing dan Slamet.

Untuk menikmati pemandangan gunung-gunung tersebut, pengunjung perlu beranjak ke pelataran Panca Arga. Dalam bahasa Jawa, Panca Arga berarti lima gunung. Jadi tidak perlu usaha ekstra dan mendaki untuk bisa menikmati pengalaman panorama ala pegunungan, ya.

Menikmati Pemandangan dari Gardu Pandang

Seperti kawasan wisata di ketinggian lainnya, Ketep Pass juga dilengkapi dengan gardu pandang. Kawasan tersebut berupa gazebo berbentuk segi empat yang kerap dikunjungi oleh kalangan pelancong. Gardu pandang itu menjadi lokasi ideal untuk menikmati pemandangan hijaunya pepohonan rindang dan kabut yang menyelimuti pegunungan tersebut. Komplit, kan?

Rileks dengan Udara Sejuk

pemdangan alam ketep pass magelang
Credit image : samirandah

Merasa tertekan dengan rutinitas harian dan butuh pelarian sejenak? Berkunjung ke Ketep Pass adalah pilihan yang tidak akan mengecewakan. Kamu bisa duduk di gazebo sambil menikmati udara sejuk memeluk tubuh. Pikiran pun akan terasa lebih segar dengan perpaduan antara panorama yang indah dan sejuknya udara.

Berburu Matahari Terbit

matahari terbit di ketep pass magelang
Photo by @septysaputri via Instagram

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Ketep Pass adalah saat pagi hari. Udara masih sedang segar-segarnya dengan cahaya matahari yang tak begitu terik. Bicara tentang matahari, pengunjung pun bisa menyaksikan pusat tata surya ini terbit dan diapit dengan gunung. Mirip seperti gambar saat masih sekolah dulu, kan? Kamu jadi bisa bernostalgia dengan imajinasi masa kecil, deh.

Belajar Tentang Gunung Merapi

Fasilitas keren dari Ketep Pass adalah Ketep Volcano Centre. Pusat informasi Gunung Merapi dan gunung berapi secara umum berada di sini. Berbagai koleksi informatif yang berkaitan dengan gunung api dapat kamu pelajari. Terdapat pula stereoskop yang merupakan alat untuk melihat hasil foto dari udara menjadi citra tiga dimensi. Belajar tentang gunung berapi jadi menyenangkan, kan?

Hunting Foto di Spot Keren 

spot foto ketep pass magelang
credit image : enaknyakemana.com

Tidak usah cemas untuk eksis dengan mengabadikan momen saat berada di Ketep Pas.. Kamu bisa berfoto dengan latar pemandangan hijau ataupun pegunungan yang mengelilingi kawasan ini. Untuk pencinta fotografi landscape, pasti tidak akan rugi berkunjung ke sini. Spot-spot keren tersebar di sini, ya. 

Mengikuti Bamboo Lighting Festival

Datang deh ke Ketep Pass saat bulan Oktober. Soalnya, Pemda Magelang rutin menggelar Bamboo Lighting Festival pada rentang waktu tersebut. Berbagai pementasan seni dan budaya dipertunjukkan selama festival. Mulai dari kirab gunungan, live music jazz, hingga akustik akan menghibur pengunjung destinasi wisata ini.

Menonton Dokumenter Erupsi Gunung Merapi

Kalau kamu ingin menyaksikan betapa dahsyatnya ledakan Gunung Merapi pada 2010 lalu, Ketep Volcano Theatre akan menyajikan film dokumenternya. Berdurasi sekitar 20 menit, dokumenter ini akan membuat penontonnya bergidik ngeri. Erupsi Gunung Merapi memang menelan banyak korban jiwa. Meski tidak ada jam khusus pemutaran, penonton tiap sesi dibatasi hingga 15 orang. Jadi, amankan kursi penonton sesegera mungkin, ya.

Menyantap Hidangan Jagung Bakar 

Wisata kuliner siap memuaskan rasa lapar kalau kamu berkunjung ke Ketep Pass. Hidangan paling wajib adalah jagung bakar. Kios makanan ini sangat digemari pengunjung karena bisa menghalau hawa dingin dengan kehangatan jagung bakar. Makin lengkap lagi kalau ditemani dengan teh hangat. Hmm, mantap sekali, deh.

Dekat dengan Destinasi Wisata Menarik

destinasi menarik di ketep pass magelang
Photo by @panduandaya via Instagram

Berada di kawasan wisata Magelang, berkunjung ke Ketep Pass bisa turut menjangkau berbagai destinasi yang wajib dikunjungi. Kalau kamu suka mendaki gunung, Taman Nasional Gunung Merbabu hanya berjarak 8 kilometer. Sementara itu, Gunung Merapi hanya berjarak sekitar 13 kilometer. Pastikan untuk mengecek status keamanan gunung sebelum mendaki, ya. 

ullen sentalu museum
Photo by @deamaharanif via Instagram

Museum Ullen Sentalu yang merupakan museum dengan koleksi Keraton Yogyakarta dan Keraton Surakarta juga bisa kamu kunjungi. Tak jauh dari itu, ada pula Taman Wisata Kaliurang yang bisa menjadi taman rekreasi untuk bersantai dengan keluarga ataupun teman-teman. Seru, kan?

gunung merbabu
Photo by @tissue.basahh via Instagram 

Untuk menuju ke Ketep Pass, kamu bisa mengaksesnya dari sejumlah rute. Kalau ingin berangkat dari Jogja, naik bus dengan trayek ke Magelang dan turun di Blabak. Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan ke Sawangan dengan menggunakan bus Purba Putra. Tiba di Sawangan, kamu tinggal naik angkutan umum berwarna pink yang akan mengarah ke Ketep Pass.

Tapi kalau dari Salatiga, kamu bisa melakukan perjalanan darat kurang lebih selama 1,5 jam. Menuju ke kawasan Wisata Kopeng melalui Getasan, kemudian ke arah Gablak, lalu ke Pakis. Ketep Pass akan segera kamu nikmati dari daerah ini.

Untuk lebih memudahkan perjalanan, sebaiknya kamu menyewa Hotel dan penginapan terbaik yang bisa kamu cek langsung lewat tripcetera, ya. Tripcetera selalu menawarkan pengalaman liburan yang menyenangkan.

10 Tempat Wisata Magelang Paling Hits dan Populer Tahun 2023

Wisata Magelang merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Pulau Jawa. Bahkan, kerap disandingkan dengan Bali, karena memiliki objek wisata warisan budaya dunia, seperti Candi Borobudur. Tak heran, kawasan ini tak pernah sepi oleh pelancong setiap tahunnya.

Saat berlibur, kamu dapat mengunjungi berbagai spot wisata menarik. Mulai dari pemandangan alam, seni dan budaya, serta religi dapat kamu temui di kota berjuluk “Nail of Java” ini. Nah, berikut adalah beberapa tempat wisata yang wajib jadi tujuan liburan di Magelang.

Wisata Magelang Terbaik

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur
Image by Geoffery iGV from Pixabay

Destinasi wisata Magelang yang satu ini . Liburan tidak akan terasa kalau melewatkan Candi Borobudur. Sebagai candi Buddha terbesar di dunia, Borobudur menyimpan arca, stupa, dan relief yang memukau. Pengunjung akan terpukau dengan kemegahan situs warisan dunia berukuran 123 x 123 meter dan setinggi 42 meter ini.

Berkunjung saat perayaan Waisak sangat direkomendasikan untuk pengalaman terbaik. Namun, pada hari-hari biasa juga boleh, kok. Berbagai hal dapat kamu lakukan saat berada di sini. Di antaranya, mengitari candi searah jarum jam, mengunjungi museum, menunggang gajah, naik andong wisata, bersepeda, hingga menikmati sunrise dan sunset.

2. Gereja Ayam

gereja ayam magelang
Credit Image : @wibowo_id on Instagram

Berada tak jauh dari Candi Borobudur, inilah salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbit di tanah Jawa. Populer karena menjadi salah satu lokasi syuting Ada Apa Dengan Cinta 2, kamu akan terpesona dengan keindahan panorama pegunungan Menoreh yang hijau dari sini. Saat tiba di rooftop Gereja Ayam, pengunjung kerap berfoto dengan latar pemandangan menawan tersebut.

3. Candi Mendut

candi mendut
Credit Image : @krisna.asfiz on instagram

Candi ini hanya berjarak tiga kilometer di sebelah timur Borobudur. Candi Mendut juga tak kalah menarik untuk dikunjungi selama berada di Magelang. Terbagi atas dua tingkatan, bagian tubuhnya berupa bangunan tinggi berbentuk persegi empat dengan stupa di bagian atap serta bagian kaki setinggi hampir 4 meter dari tanah. Makanya, candi ini juga terlihat megah seperti Borobudur.

4. Punthuk Setumbu

Wisata Magelang yang satu ini juga masih berada di kawasan Candi Borobudur. Kalau Gereja Ayam ideal untuk berburu matahari terbit, Punthuk Setumbu cocok untuk mengejar matahari terbenam. Kamu juga bisa melihat Borobudur dengan lebih eksotis karena kabut yang mengelilinginya.

Selain itu, udaranya yang sejuk akan semakin nikmat dengan minum kopi atau teh yang disajikan warung di sekitar area ini. Lengkap deh sensasi untuk jadi penikmat senja.

5. Curug Silawe

curug silawe
Credit Image : @bdrk97 on Instagram

Magelang juga memiliki potensi wisata alam yang sulit untuk dilewatkan, berupa air terjun. Kerap disebut Curug Silawe, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Pengunjung akan merasakan ketenangan penuh damai karena berada di antara sejuknya pepohonan. Selain itu, kamu bisa berenang di aliran airnya yang segar dan jernih.

6. Taman Dewari

taman dewari
Credit Image : @noorfika on Instagram

Kalau kamu merupakan pencinta bunga dan selfie, maka Taman Dewari adalah spot yang ideal untuk dikunjungi dalam rangka wisata Magelang. Taman Bunga Matahari ini akan memuaskan keinginan berfoto untuk bahan konten di media sosial. Terdapat ribuan tanaman bunga matahari yang bisa menjadi penghias foto. Pastinya tidak akan bikin rugi kalau jadi objek foto. Asal tetap hati-hati agar tidak merusak tanaman, ya!

7. OHD Museum Magelang

OHD Museum Magelang
Credit Image : @indoartnow on Instagram

Museum pribadi milik Oei Hang Djien (OHD) ini harus dikunjungi oleh penikmat seni. Saat berada di dalam museum, pengunjung akan takjub dengan adanya lebih dari 2000 karya seni. Mulai dari lukisan, patung, pahatan, hingga new media art bisa kamu temukan. Sebagai salah satu museum seni terlengkap di Indonesia, pengunjung dapat melihat karya seniman kenamaan, seperti Affandi, Hendra Gunawan, S. Sudjojono dan Widayat.

8. Hutan Pinus Kragilan

hutan pinus kragilan
Photo by Handy Wicaksono on Unsplash

Kurang lengkap rasanya jika liburan ke Magelang, tapi tidak menyambangi hutan pinus di Desa Kragilan ini. Destinasi wisata hits dan instagramable ini siap menawarkan pemandangan alami yang memukau.

Tak hanya hutan pinus, kawasan ini juga menawarkan berbagai fasilitas untuk menambah keseruan selama berlibur. Di antaranya, flying fox, ayunan, dan rumah pohon. Tak ketinggalan, kamu dapat merasakan kesejukan udara kaki Gunung Merbabu yang bikin betah berlama-lama di sini.

9. Sungai Elo Progo

wisata sungai elo progo magelang

Ingin pengalaman beriwisata di magelang yang lebih menantang adrenalin? Cobalah untuk bermain rafting di Sungai Elo Progo. Meskipun memiliki karakter penampang sungai yang sempit, tetapi Elo Progo memiliki sejumlah jeram yang cukup untuk menggoncangkan perahu. Selain itu, pemandangan di sisi sungai juga tak kalah mempesona sehingga membuat pengalaman rafting jadi makin berkesan.

10. Gunung Andong

Gunung Andong
Photo by Aditya Wahyu R. on Unsplash

Liburan ke Magelang juga bisa kamu lakukan untuk hiking. Salah satu spot pendakian yang bisa kamu lakukan adalah di Gunung Andong. Memiliki ketinggian 1.762 meter di atas permukaan laut, kamu tidak akan mengalami kesulitan yang cukup berarti.

Jadi, gunung ini ideal kalau menjadi ajang latihan. Namun, saat tiba di puncak gunung, pemandangannya pun tak main-main. Kamu bisa menyaksikan berbagai gunung lainnya, seperti Gunung Merapi dan Gunung Merbabu di sisi timur, serta Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Gunung Slamet di sisi baratnya.

Demikianlah daftar 10 wisata di magelang yang wajib kamu kunjungi ketika berlibur bersama keluarga atau orang terkasih. Dapatkan juga penawaran hotel murah di Yogyakarta melalui pemesanan di tripcetera.